Ketua Umum APKLI-P Bangga Mantan Penjual Kue Bahlil Lahadalia Lulus Cumlaude Doktor UI


Jakarta,Berandankrinews.com
“Dulu ada anak dari Indonesia Timur hidupnya diterminal. Kalau kamu begini terus, kamu tidak akan jadi manusia. Bapak ingin punya anak bisa kuliah di UI. Anak itu adalah saya yang hari ini lulus doktor di UI. Sebuah kenyataan dari do’a dan harapan bapak saya”, tutur Bahlil Lahadalia, Menteri ESDM RI, Ketua Umum Golkar saat closing pengucapan terima kasih pada Sidang Terbuka Promosi Doktor SKSG UI Depok, Rabu, 16/10/2024.

Bahlil Lahadalia lulus doktor dengan predikat cumlaude dalam waktu 1 tahun 8 bulan dengan disertai berjudul “Kebijakan, Kelembangaan, dan Tata Kelola Hilirisasi Nikel Yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Indonesia”. Sidang Terbuka dipimpin oleh Ketua Sidang, Prof. Dr. I Ketut Surajaya, S.S., M.A., Promotor Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M., Ko-promotor Dr. Teguh Dartanto, S.E., M.E., dan Athor Subroto, Ph.D., serta Penguji, Dr. Margaretha Hanita, S.H., M.Si., Prof. Dr. A. Hanief Saha Ghafur, Prof. Didik Junaidi Rachbini, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si., dan Prof. Dr. Kosuke Mizuno.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi PKL Indonesia (APKLI-P) menyampaikan rasa syukur dan bangga atas nama puluhan juta pedagang kaki lima dan pelaku UMKM diseluruh Indonesia atas prestasi mantan PKL Penjual Kue, Bahlil Lahadalia meraih gelar doktor di UI dengan predikat cumlaude, juga atas amanah sebagai Menteri ESDM RI dan Ketua Umum Golkar.

Ini preseden baik dan tauladan bagi seluruh rakyat dan bangsa ini, ucap Dokter Ahli Kekebalan Tubuh lulusan FK Unibraw Malang dan FKUI Jakarta yang juga Ketua Umum Komite Ekonomi Rakyat Indonesia (KERIS) dan Presiden Kawulo Alit Indonesia (KAI)

“Selamat dan sukses Mas Bahlil Lahadalia, insyaAllah selaku Ketua Umum APKLI-P dalam waktu dekat menganugerahkan penghargaan khusus ke sampean” ucap dr. Ali Mahsun ATMO M Biomed. Ketua Umum Bakornas LKMI PBHMI 1995-1998 yang direspon Bahlil yang istrinya asli Sragen Jateng dengan bahasa Jawa yang fasih: “Njih-njih, matur suwun”.

Sidang Promosi Doktor Bahlil Lahadalia laksana sebuah perhelatan besar dimana ratusan karangan bunga berjejer. Lebih dari itu, pertama kali Sidang Terbuka Promosi Doktor di UI yang dihadiri Wakil Presiden RI, Makruf Amin, dan pimpinan lembaga tinggi negara, Ketua MPR Ahmad Muzani, Ketua DPD RI, Sultan B Najamuddin, Wakil Ketua DPR Adies Kadir, juga Menko PMK, Muhajir.

Turut hadir pula para mantan ketua umum golkar, Akbar Tandjung, Yusuf Kalla, Aburizal Bakrie, dan Agung Laksono. Tampak pula Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hasyim Djoyohadikusumo, Sekjen Golkar Sarmuji, Waketum Golkar Wihaji (Calon Menteri Kabinet Prabowo Gibran), Bendum Golkar Sari Yuliati dan Wasekjen Golkar Dyah Roro Esti (Calon Wamen Kabinet Prabowo Gibran), serta para mantan Ketua Umum PBHMI (Yahya Zaini, Anas Urbaningrum, Fahruddin, Fajar Zulkarnain, Arif Mustofa dan M Arief Rosid Hasan, dan jajaran Pengurus Presidium KAHMI dan para aktifis, jajaran Kementerian ESDM