Mendengar Sejarah Singkat Kabupaten Nunukan dan Pidato Bupati Nunukan, Rapat Paripurna HUT Kabupaten Nunukan ke 25 Berjalan Hikmat

NUNUKAN – Tanggal 12 Oktober 2024 menjadi sejarah tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Nunukan, DPRD Kabupaten Nunukan secara terbuka menyelenggarakan Rapat Paripurna Hari Ulang Tahun Kabupaten Nunukan ke 25 Tahun 2024. Acara ini pun berjalan dengan hikmat. 

Diawali dengan persembahan tarian daerah, Hj. Leppa selaku ketua DPRD Kabupaten Nunukan Periode 2024 – 2029 membacakan risalah sidang dan mengetok palu tanda Rapat Paripurna dibuka.

Dalam rapat ini, segenap anggota DPRD serta tamu dan undangan yang menggunakan berbagai baju adat disajikan dengan tayangan video sejarah singkat Kabupaten Nunukan.

Dalam tayangan video sejarah singkat tersebut, ditampilkan sejarah perkembangan kabupaten Nunukan dari masa ke masa, sejak masa perjuangan Konfrontasi RI – Malaysia di tahun 1963 hingga perkembangan saat ini. Dalam sejarah singkat ini diulas tokoh tokoh perintis terbentuknya Kabupaten Nunukan Seperti Bupati Bulungan Kolonel R.A Bessing, Penjabat Bupati Nunukan Pertama Bustaman Arham, Sekretaris Daerah pertama Budiman Arifin, dan para camat pertama.

Selain itu juga ditayangkan kepemimpinan pemerintah daerah dan Kepemimpinan DPRD dari masa ke masa.

Setelah menyaksikan dan mendengar Sejarah Singkat Kabupaten Nunukan. Agenda selanjutnya dalam Rapat Paripurna ini adalah mendengar Pidato Bupati Nunukan.

Hj. Asmin Laura Hafid pada kesempatan ini menyampaikan pidato Bupati Nunukan secara terstruktur dan sistematis betdasarkan RPJMD di masa 8 Tahun Kepemimpinannya.

Dalam paparannya, secara runut Bupati Laura menyampaikan isi pidatonya dalam Capaian Makro Pembangunan Kabupaten Nunukan selama 2 periode kepemimpinannya, yang terdiri dari Indeks Pembangunan Manusia, Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran terbuka, Gini Rasio, dan Angka Kemiskinan.

Seusai Rapat Paripurna ditutup oleh Ketua DPRD, seluruh peserta Sidang Paripurna pun mengikuti acara di luar ruang rapat paripurna (Lobby dan halaman Upacara DPRD) diantaranya adalah Menari Jepen massal serta mengikuti lomba tumpeng.

(PROKOMPIM)