Hadiri Pelantikan Ketua Definitif DPRD, Mahasiswa Nunukan : Kami Siap Mengawal Kebijakan DPRD Dalam Menjalankan Peran Sebagai Agen Sosial Kontrol

NUNUKAN – Pelantikan Ketua Definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nunukan Periode 2024 – 2029 telah berlangsung pada Jumat 11 Oktober 2024 bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Nunukan. 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turut diundang elemen Organisasi Mahasiswa yang eksis di kabupaten Nunukan sebagai tamu undangan guna mengikuti seromonial prosesi pelantikan Ketua Definitif DPRD kabupaten Nunukan.

Ketua EK-LMND Nunukan “Firmanio Belida” mengucapkan selamat atas dilantiknya ketua definitif DPRD Nunukan periode 2024 – 2029 serta selamat menjalankan amanah sebagai perwakilan rakyat daerah kabupaten Nunukan. Firman menuturkan keterlibatan mahasiswa dalam agenda DPRD Nunukan merupakan kali pertama yang selanjutnya DPRD Nunukan terus melibatkan mahasiswa dalam agenda-agenda tertentu seperti paripurna pembahasan penyusunan anggaran.

“Mewakili kawan-kawan mahasiswa kami ucapkan selamat atas pelantikan Ketua Definitif DPRD Nunukan semoga amanah dalam menjalankan tugas. Kehadiran kami ini guna memenuhi undangan DPRD Nunukan dan ini ialah pertama kalinya DPRD melibatkan mahasiswa dalam agenda mereka selanjutnya kedepan kami juga tetap dilibatkan dalam agenda lain seperti paripurna pembahasan anggaran “.Tutur Firman

Ditambahkan oleh Ketua HMI Cabang Persiapan Nunukan “Muhammad Agus” keikutsertaan mahasiswa dalam agenda-agenda DPRD seperti paripurna pembahasan anggaran merupakan bagian dalam menjalankan peran mahasiswa sebagai agen sosial kontrol sehingga seperti apa dan bagaimana realisasi anggaran kepada pemerintah sebagai lembaga eksekutif dapat dipahami dan ditau jelas arah tepat sasarannya tetap dikawal oleh elemen organisasi mahasiswa di Nunukan.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Nunukan “Sadam Husein” Mengungkapkan DPRD Nunukan telah menghendaki rekomendasi mahasiswa untuk dilibatkan dalam agenda Legislatif selanjutnya kedepan mahasiswa juga diharapkan hadir dalam rapat-rapat terbuka yang diadakan oleh DPRD dan yang terpenting pembahasan terbuka soal anggaran.

“Alhamdulillah tuntutan kawan-kawan sudah kita penuhi dan kedepan kawan-kawan selalu terlibat dalam rapat terbuka di DPRD Nunukan dan yang terpenting pembahasan soal anggaran,” Ungkap Sadam.

Anggota DPRD dengan jargon Orang Biasa ini berharap kedepanya mahasiswa juga aktif dan mengambil peran mengikuti kegiatan musrembang di tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan maupun Kabupaten guna mahasiswa dapat memahami seperti apa struktur administrasi dan tata kelola pemerintahan bekerja serta menjadi pendidikan politik bagi mahasiswa.

(Indra/TimRedaksi)