Keluarga Besar Pakuwaja Kabupaten Nunukan Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H

NUNUKAN – Mewakili Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Abdul Munir, ST, M.A.P menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H yang digelar oleh Keluarga Besar Pakuwaja (Paguyuban Keluarga Jawa) Kabupaten Nunukan di Pendopo Pakuwaja jalan Bukit Cinta, Minggu (29/09) malam dengan menghadirkan penceramah Ustadz H. M. Burhanuddin Robani, LC.

Selain dalam rangka memperingati Maulid Nabi sebagai momen bagi Umat Muslim untuk memperingati dan menghormati kelahiran Nabi Muhammad SAW, kegiatan ini juga digelar sebagai ajang silaturahmi antar keluarga besar Pakuwaja yang berdomisili di kabupaten Nunukan.

Tema yang diangkat dalam peringatan ini adalah “Memperdalam Rasa Cinta Kepada Rasulullah Dengan Meneladani Sifatnya Dalam Kehidupan Sehari-hari Guyub Rukun”.

Di depan para jamaah yang hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra H. Munir mewakili Bupati Nunukan mengatakan, tujuan diperingatinya Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu untuk menunjukkan ekspresi, kecintaan, dan kekaguman umat muslim kepada Nabi Muhammad SAW, manusia agung, sosok yang paling mulia di muka bumi, manusia yang diharapkan memberikan syafaat dan pertolonganya di hari kiamat kelak.

“Dengan peringatan ini mari kita jadikan Nabi Muhammad SAW sebagai tauladan hidup kita serta dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” ucap Bupati dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten H. Munir.

Moment ini, lanjut dikatakan juga untuk memupuk rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW baik kisah, riwayat hidup ataupun perjuangannya agar dapat dijadikan tauladan bagi kita semua tentang akhlak kepribadian dan ajarannya.

Bupati juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, agar terus dapat memperkuat tali silaturrahmi serta membawa kebaikan dan kemaslahatan bagi masyarakat di Kabupaten Nunukan.

“Maka dalam kesempatan yang mulia ini, saya berharap agar Umat Muslim di Kabupaten Nunukan senantiasa menjaga kerukunan, persatuan, dan sikap toleransi di tengah masyarakat, agar tercipta suasana yang adem, ayem, guyub – rukun, dan kondusif di tengah masyarakat,”jelasnya.

Tak lupa diakhir sambutannya, di hadapan keluarga besar Pakuwaja Nunukan, Bupati Nunukan mengajak untuk menjaga kondusifitas menjelang Pilkada.

“Saya mengajak kepada seluruh warga Pakuwaja untuk ikut menyukseskan pilkada tersebut. mari kita sama – sama menjaga suasana yang sudah kondusif di masyarakat selama ini. kita harus menghargai setiap perbedaan, termasuk perbedaan pilihan politik, jangan sampai perbedaan itu membuat ikatan persaudaraan kita menjadi putus,” ungkapnya diakhir sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pakuwaja Nunukan H. Adi Purnomo mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada seluruh keluarga besar Pakuwaja dan tamu undangan yang berkesempatan hadir.

Adi Purnomo mengatakan dengan Mengambil tema “Memperdalam Rasa Cinta Kepada Rasulullah Dengan Meneladani Sifatnya Dalam Kehidupan Sehari-hari Guyub Rukun” perayaan ini dapat menjadi sarana untuk menghidupkan kembali semangat perjuangan dan ajaran-ajaran Rasulullah SAW yang erat dengan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.

“Dengan memperingati maulid Nabi, umat Islam diajak untuk meneladani akhlak mulia Rasulullah SAW, memperkuat tali silaturahmi, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT”, Ungkapnya.

Rangkaian kegiatan pada malam hari ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Ustadz Asfuri SE dilanjutkan dengan pembacaan Asrakal dan Tausyiah Hikmah Maulid Nabi yang akan disampaikan oleh Al – Ustadz H.M. Burhanuddin Robani, LC.

Acara berlangsung meriah dengan antusias keluarga besar Pakuwaja, sesepuh Pakuwaja, tokoh agama dan tokoh adat lainnya serta tamu undangan yang hadir.

(PROKOMPIM)