Dorong Perangkat Daerah Wujudkan Budaya Inovasi

TANJUNG SELOR – Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Proposal Inovasi Daerah resmi dibuka oleh Asisten bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si, Rabu (24/5/2023) bertempat di Ballroom Hotel Luminor, Tanjung Selor, Bulungan.

Datu Iqro mengungkapkan bahwa, penyusunan inovasi daerah merupakan langkah strategis dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya inovasi daerah.

“Sebagaimana diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa inovasi menjadi salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Inovasi menentukan tingginya daya saing suatu daerah/negara,” katanya.

Pemprov Kaltara berkomitmen senantiasa berinovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Baik inovasi dalam bentuk tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, maupun Inovasi lainnya sesuai dengan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah.

Dalam mewujudkan budaya inovasi tersebut, tentu tidak mudah. Oleh karena itu, Pemprov Kaltara menekankan pentingnya Perencanaan Berbasis Penelitian (Research-Based Planning).

“Indeks Inovasi Daerah kita (Kaltara,red) tahun 2021, menempati urutan ke-27. Turun 3 peringkat dari tahun sebelumnya dengan indeks 46,37 (predikat inovatif),” terangnya.

Setiap perangkat daerah harus berani melakukan inovasi untuk mencapai target sesuai tugas dan fungsinya. “Agar menjadi atensi bersama dalam rangka merealisasikan gerakan inovasi daerah yang merupakan Gerakan Kaltara Rumah Kita, yang tertuang didalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2021-2026. Yakni, meningkatkan indeks inovasi menjadi sangat inovatif,” tutupnya.

(dkisp)