Inilah Perbedaan Gula Tebu dan Gula Pasir yang Sering Dikira Sama

Ada berbagai jenis gula untuk dikonsumsi yang beredar di pasaran. Berbagai jenis bila yang mungkin Anda telah dengar diantaranya gula aren, gula jagung hingga gula rafinasi. Kebiasaan-kebiasaan menambahkan bahan tambahan yang satu ini membuat banyak orang membandingkan perbedaan gula tebu dan gula pasir dimana dua jenis gula ini merupakan jenis gula yang sering digunakan.

Bahan tambahan ini memang sulit dilepaskan baik untuk menambah cita rasa minuman ataupun makanan. Gula pasir juga sangat akrab bagi pecinta kopi dan minuman manis. Gula juga termasuk ke dalam salah satu dari sembilan bahan pokok atau sembako yang rutin digunakan sehari-hari oleh masyarakat.

Proses Pembuatan Gula Tebu dan Gula Pasir

Sesuai dengan namanya gula tebu berasal dari tebu yaitu jenis tanaman yang menyerupai bambu. Proses pembuatannya tebu akan diperas dan diambil sarinya. Sari tebu juga kini mudah ditemukan di pasaran dan banyak dijual sebagai salah satu minuman yang menyegarkan.

Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/sendok-gula-bahan-garam-13675718/

Untuk pengolahan dan pembuatan gula, sari tebu akan melalui proses pemurnian dan penguapan agar kandungan air di dalamnya berkurang. Setelah melalui proses penguapan maka akan terbentuk kristal-kristal gula yang nantinya menjalani proses penyulingan kembali.

Untuk mendapatkan warna putih pada gula biasanya digunakan arang baik dari batubara ataupun tulang binatang yang dibakar. Untuk gula pasir pun pengolahannya hampir sama.

Perbedaan dari Gula Tebu dan Gula Pasir

Perbedaan gula tebu dan gula pasir secara umum dapat dilihat dari kandungan di dalamnya. Gula tebu terdiri atas glukosa dan fruktosa sedangkan gula pasir terdiri atas sukrosa. Perbedaan ini berpengaruh pula terhadap indeks glikemik keduanya. Indeks glikemik merupakan ukuran yang dapat menunjukkan seberapa cepat karbohidrat yang ada pada makanan diubah menjadi gula darah.

Indeks glikemik pada gula pasir sebesar 68 sedangkan pada gula tebu sebesar 43. Dengan demikian relatif lebih menyehatkan. Pada tebu juga terdapat kandungan antioksidan yang disebut dengan polifenol. Zat ini bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat adanya radikal bebas ataupun racun yang berasal dari lingkungan.

Gula hanya mengandung glukosa sedangkan gula tebu mengandung vitamin dan mineral walaupun hanya dalam jumlah yang kecil. Ini tentu lebih baik jika dibandingkan dengan air gula yang tidak mengandung mineral apapun.

Salah satu rekomendasi produk gula tebu dan gula premium yang teruji kualitasnya adalah Puravita. Produk dari Puravita diproduksi dengan memenuhi standar mutu tinggi mulai dari pemilihan bibit tanaman tebu, pengolahan hingga hasil akhir dengan pengawasan yang ekstra.

Promo Gula Pasir ini bisa Anda dapatkan dengan membelinya di Blibli. Marketplace yang satu ini telah bekerja sama dengan UMKM terpercaya dan menyajikan produk berkualitas kepada pembeli. Anda bisa mendapatkan gratis ongkir diskon bahkan poin rewards yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik.

Anda bisa mendapatkan gratis ongkir dan beragam keuntungan menarik lainnya. Tak perlu khawatir karena customer service Blibli siap mengatasi berbagai keluhan saat proses pembelian barang.

Bagi yang baru pertama kali berbelanja, cukup melakukan registrasi kemudian sudah bisa berbelanja dan menikmati promo yang disediakan oleh Blibli. Jika terdapat kesalahan pengiriman atau produk yang tidak sesuai maka Blibli juga menyediakan pilihan menu pengembalian produk. Jadi tak perlu khawatir karena kualitas dan proses pengiriman barang terjamin.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan gula tebu dan gula pasir serta rekomendasi gula yang bisa Anda gunakan. Segera dapatkan gula premium dengan kualitas terbaik dan berbagai produk pilihan lainnya di Blibli.comĀ 

(*)