KPU Nunukan Gelar Sosialiasi Peran Media Pada Tahapan Pilkada 2024

NUNUKAN – Bertempat di Cafe 93, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan menggelar kegiatan sosialisasi peran media dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Jumat (14/06/2024) sore.

Terlihat hadir Ketua KPU Nunukan, Riko Ardiansyah, Komisioner KPU Nunukan, Abdul Rahman dan Syahruddin serta insan pers di lingkungan wilayah kab. Nunukan.

Selaku Ketua KPU Nunukan, Riko Ardiansyah menyampaikan bahwa perjalanan informasi tahapan Pilkada sangat penting maka dari itu peran media sangat dibutuhkan.

“Lewat agenda kali ini, kami harapkan KPU dan Media di Nunukan bisa berjalan dengan baik terutama dalam mensukseskan Pilkada 2024,” ujar Riko Ardiansyah.

Lebih lanjut, Riko juga mengatakan bahwa melalui kegiatan sosialisasi, KPU bisa menerima saran dari rekan-rekan media terkait tahapan Pilkada 2024.

“Di kegiatan ini juga kami mohon bantuan dan saran untuk teman-teman media kepada KPU, jangan sampai ada miskomunikasi terutama dalam penyampaian informasi ataupun kerjasama,” tutur Ketua KPU Nunukan.

Selain itu, Komisioner divisi hukum dan pengawasan KPU Nunukan, Syahruddin mengatakan tujuan kegiatan sosialisasi agar terbentuk sinergitas antara KPU dan insan media.

“Tentu tujuan kegiatan ini agar sinergitas bersama-sama teman media terbangun dari awal proses tahapan Pilkada 2024, dimana kita tau media merupakan aktor penting dalam tegaknya demokrasi terkhusus penyampaian informasi KPU,” ujar Syahruddin.

Lalu, Syahruddin menuturkan bahwa dalam waktu dekat KPU akan melakukan tahapan Pilkada yakni perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) dan juga pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

“Saat ini tahapan Pilkada, KPU masih dalam perekrutan Pantarlih, dimana setelah itu, nantinya pada tanggal 24 Juni kita akan melakukan tahapan Coklit data pemilih secara serentak,” terangnya.

Adapun seperri diketahui Pilkada 2024 akan serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia untuk memilih kepala daerah yakni Gubernur, Walikota dan Bupati pada 27 November 2024 mendatang.

(nam/nam)